Cutting Tools Indonesia ( Alat pemotong )

Alat potong ( Cutting tools) adalah sebuah benda  yang digunakan memotong dan bisa juga digunakan untuk membelah benda,dizaman yang serba modern ini sudah cukup banyak beredar dipasaran jenis-jenis alat potong,namun tahukah anda jika alat potong sendiri sudah pernah ada sejak zaman nenek moyang kita.Alat potong pertama kali pada zaman batu tua(palaeolitikum) alat potong ini dibagi menjadi dua kebudayan yakni

  1. Kebudayaan Pacitan

Ya,kebanyakan alat potong yang terbuat dari bati ditemukan didaerah pacitan contohnya yakni kapak gengam yang masih kasar dan kapak perimbas yang ditemukan oleh Rap von Koenigswald pada tahun sekitar 1935,selain dipacitan didaerah lain juga ditemukan alat pemotong diantaranya didaerah sukabumi,gombong,lampung,bali alat pada zaman kebudayaan itu adalah sebagai berikut :

  1. Kapak Gengam yang digunakan nenek moyang kita untuk berburu dan mengumpulkan makan di urutan tingkat paling sederhana,selain berfungsi untuk berburu kampak ini juga digunakan untuk memotong daging menguliti serta digunakan untuk mengambil ubi.
  2. Kapak Perimbas ,kapak yang satu ini digunakan untuk memahat tulang serta menebang pohon pada saat itu selain digunakan untuk memotong kapak ini juga digunakan untuk sejata.
  3. Kebudayaan Ngandong

Pada zaman kebudayaan ngandong telah ditemukan alat serpih seperti alat penusuk atau pisau,alat ini dibuat dari tulang binatang ,pada umumnya terbuat dari tanduk rusa.

Namun di industri 4.0 ini telah banyak produk dan inovasi alat pemotong mulai dari yang digunakan secara manual maupun menggunakan mesin,alat-alat ini diciptakan untuk membantu kegiatan memotong agar lebih mudah serta cepat.Sebelum memasuki Jenis apa saja yang menjadi kategori alat potong perlu kita ketahui hal-hal yang mendasari alat potong awet,kuat dan tahan lama waktu usia digunakannya berikut perihal yang menjadi dasar :

  1. Kekerasan

Kekerasan merupakan faktor utama karakteristik dari alat pemotong dimana bahan alat tersebut harus lebih keras dari benda yang akan dipotong.Kekerasan bahan alat pemotong juga mempengaruhi pada saat menggunakan permesinan,terlebih jika kita menggunakan suhu temperatur yang sangat tinggi,sebuah alat pemotong harus mecapa suhu austenit pada logamnya.

  • Ketangguhan

Hal selanjutnya Ketangguhan karena alat potong digunakan secara terus menerus alat potong harus memiliki ketangguhan yang sangat cukup,hal ini jika tidak terpenuhi tidak akan bertahan lama alat tersebut untuk digunakan

  • Ketahanan Austenit

Seperti pada point pertama austenint merupakan hal yang mempengaruhi umur dari alat potong yang kita gunakan.

  • Kimiawi yang terkandung harus stabil

Semakin bagus dan stabil sifat logam yang digunakan dalam pembuatan alat potong maka akan memperkuat ketahanan austenit.

Jenis-jenis alat potong yang berada diindonesia

  1. Jenis dan tipet alat pahat bubut

Alat ini biasanya digunakan para tukang bubut,pahat bubut sendiri mempunyai banyak macamnya tentunya disesuaikan kebutuhan ya,prosesnya adalah benda kerja yang dibubut bergerak dan berputar dan pahatnya bergerak memanjang terkadang ada yang melintang bahkan ada yang menyudut bergantung pada hasil akhir yang diinginkan seperti apa

  • Mata Bor

Mata bor merupakan alat yang digunakan tukang untuk melobangi suatu benda sesuai keinginannya,alat ini biasannya sering digunakan para tukang seperti kayu,alumunium,besi,dan masih banyak lagi baik digunakan menggunakan mesin maupun manual.

  • Reamer atau peluas

Alat ini biasanya digunakan untuk memperhalus suatu lubang pada sebuah benda yang telah dilubangi menggunakan bor,pada saat ini reamer terdapat banyak jenis dan diameternya diantaranya 0,004-0,012milimeter.

  • Bor senter atau yang sering disebut BS

Bor senter sering digunakan untuk membuat lubang senter diujung benda yang sedang dikerjakan bor senter sendiri memiliki ukuran 1/3 sampai dengan 2/3 tentunya disesuaikan dengan kebutuhan biasanya digunakan untuk mengawali pengeboran.

  • Kartel

Mungkin masih asing terdengar ditelinga kita yaa,kartel sendiri merupakan alat yang digunakan untuk membuat alur yang sangat kecil pada permukaan benda agar benda tersebut tidak licin dan ada batang penariknya/pemutar yang harus dipegang dengan tangan,untuk hasil kartel biasanya belah ketupat serta ada yang lurus tergantung gigi yang digunakan pada kartel tersebut ,tentunya menyesuaikan kebutuhan.

Nah demikian alat pemotong yang beredar hingga saat ini di indonesia,mungkin beberapa masih asing ,namun didunia pertukangan alat-alat diatas sudah sering digunakan

WhatsApp chat