Insert Drill

SPMX

05, 06, 07, 09, 11, 14

WCMX

04, 05, 06, 08

 

Kami menjual Insert Drill, dengan tipe WCMX dan SPMX

WCMX

  • Cocok untuk baja keras, baja tahan karat, besi cor dan bahan alot.
  • Ideal untuk pemesinan KERING pada baja
  • Sub-mikron khusus dilapisi PVD grade YG602
  • Kompatibel dengan holder pabrikan lain

insert drill universal YG-1 luar biasa untuk pengeboran universal…. “1 grade untuk semua bahan besi”. Lapisan PVD ultra padat yang dikembangkan oleh YG-1 memastikan usia pakai alat dan kekuatan yang sangat baik dalam kondisi pengeboran umum.

SPMX

Apa itu Insert Drill ?

Proses  untuk membuat lubang lurus digunakan cutting tools yang disebut mata bor. Nah matabor ini pada dasarnya hanya memiliki 1 ujung tajam pada bagian matanya sering juga disebut solid drill. Dengan putaran tertentu, mata bor menggesek benda kerja sehingga mengorek benda kerja tersebut sesuai dengan diameter yang dibutuhkan. Setelah pemakaian tertentu, akhirnya mau tidak mau ujung mata tersebut akan tumpul.

Biasanya pengguna akan mengasah mata bor ini supaya ketajamannya dapat kembali. Namun dalam sekala besar, dimana kecepatan dan efektifitas suatu pekerjaan adalah Vital. Kadang kala suatu perusahan bahkan menghitung biaya aktual yang dikeluarkan untuk melakukan pekerjaan pengasahan ini.  Pihak management menghitung, lamanya proses pengasahan, lamanya proses penggantian mata bor, lamanya mesin berhenti dan dampak pada kapasitas produksi.

Insert Drill dibuat untuk mengatasi problem ini.

Dengan memisahkan  bagian Ujung tajam (mata) dari bagian badan (gagang) dari sebuah mata bor ditemukan lah jenis Cutting Tools baru yang dinamakan Indexable drill.

Bagian Gagang di design sedemikian rupa agar dapat menjepit suatu bentuk insert. Lalu untuk bagian mata nya di pasanglah sebuah insert drill yang akan dipakai sampai menjadi tumpul. Kemudian insert ini akan di balik, dipakai sisi tajam berikutnya. Setelah semua sisi tajam nya menjadi tumpul, insert dibuang dan diganti dengan yang baru.

Memang Investasi awal yang dibutuhkan untuk mengganti mata bor biasa menjadi Indexable drill tidak lah sedikit. Oleh sebab itu mari kita kaji, seberapa efektifkah Indexable drill, dan kapankah kita membutuhkannya?

Kapan memilih Indexable Drill

Diameter lubang besar

Untuk membuat lubang yang besar, biasanya lebih dari 20mm, harga solid drill  tidak lah murah. Apalagi jika kita hendak menggunakan mata bor berbahan carbide, yaitu carbide solid drill (lihat jenis-jenis mata bor). Maka pakailah Indexable Drill, karena ada pilihan holder berbahan HSS yang tangguh dengan harga bahan yang lebih murah, kemudian di kombinasikan dengan insert drill carbide.

Proses Plunging

Saat hendak membuat lubang, ada metode plunging, yaitu menggunakan ukuran matabor yang lebih kecil dari yang dipakai, minimal 3/4 dari ukuran yang dikehendaki. Lalu berulang-ulang dilakukan pengeboran sambil menggeser titik pengeboran. proses ini dikategorikan pengeboran kasar tapi cepat, maka dipakailah Indexable drill.

Pengeboran lubang yang dalam

Saat mengebor lubang yang dalam, maka residu, kikisan benda kerja (chip) akan semakin panjang, dan sering membuat nyangkut dan mematahkan matabor. Oleh karena itu design tools membuat Chip breaker pada ujung matabor, untuk memutuskan chip. Sehingga resiko nyangkut diperkecil. Tidak semua mata bor memiliki chip breaker. Untuk Indexable Drill dipastikan 100 persen memiliki chip breaker. Design sudut mata juga dibuat maksimal pada 118 derajat. Pengasahan kembali pada matabor solid, tidak dapat menjaga kepastian sudut, apa lagi menjaga chip breaker. Sehingga Indexable Drill menjadi pilihan.

Kekurangan Indexable Drill
  1. Karena Insert dan Holder melekat dengan kekuatan baut. Maka ke rigid an dari tools tersebut jelas kalah dengan solid drill.
  2. Insert yang tidak bisa diasah kembali.
  3. holder yang perlu perawatan.

 

Jadi Tools mana yang cocok untuk pekerjaan anda?

PT Gofir Sarana Sejahtera agen mata bor menyediakan Baik Solid Drill dan Indexable drill merk YG1.

 

 

WhatsApp chat