Threading Tools

Pernah lihat lubang baut?  Teman – teman mungkin bertanya-tanya. Bagaimana sih cara buat nya. Nah, untuk membuat ulir derat dalam, seperti lubang baut, atau mur. Dipakailah cutting tools jenis tap.  Tap ini masuk dalam golongan thread tools.  

Tap ada 2 jenis. Cutting tap dan forming tap. Cutting tap, adalah metode membuat ulir dengan mengikis benda kerja. Sedangkan forming tap membuat ulir dengan menekan benda kerja.   Untuk cutting tap, maka akan ada sisa atau ampas material.  Ampas material ini akan otomatis jatuh melewati dasar lubang jika memakai straight Tap atau tap PO.  Tapi jika lubang yg hendak diberi derat dalam, ternyata buntu, maka jangan khawatir, disedikan spiral flute tap, dimana tap ini sembari membuat ulir, juga membuang sisa pengikisan dengan cara mengangkatnya keluar seperti proses pada mata bor.   Lalu apa itu tap mesin? Tap mesin adalah tap yang pengerjaannya menggunakan mesin tap.   Sedangkan handtap, pengerjaannya menggunakan tangan dan handle. Tap mesin banyak dipakai untuk proses manufaktur part.

Cara yang Tepat untuk membuat ulir yang baik adalah pertama membuat lubang dengan matabor diameter yang sesuai. Contoh, untuk membuat Ulir M6x1.0 pakailah Mata bor Ukuran 5.0-5.1. Ini di dapat dari mengurangi 6 dengan ukuran pitch 1.

Lebih baik lagi jika memakai bor ukuran 4.8 atau 4.9, kemudian di lakukan pekerjaan penghalusan dengan reamer diameter 5.

baru kemudian di Tap.

 

WhatsApp chat