Mata Bor adalah / Pengertian Matabor

Mata bor merupakan sebuah alat untuk membuat lubang pada benda-benda tertentu seperti Kayu,logam,kaca,dinging(tembok) serta plastik.Terdapat berbagai macam jenis dan ukuran mata bor untuk membuat lubang dengan mesin bor berbeda jenis tentunya berbedapula fungsinya.Maka dari itu sebelum kita membelinya.Dikarenakan setiap bahan atau material dasar yang akan kita lubangi memakai bor pasti mempunyai kekuatan yang berbeda-beda tentu saja hal ini tidak mungkin bisa dilakukan menggunakan jenis mata bor yang sama.Maka dari itu setiap produsen merancang dan membuat berbagai bor dan mata bor agar bisa digunakan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,namun perlu di ingat setiap mata bor pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut jenis-jenis mata bor yang dapat kita beli sesuai kebutuhan kita:

  1. Twist bits mata bor yang satu ini merupakan salah satu mata bor yang sering digunakan.Mata bor ini bisa digunakan pada mesin bor tangan maupun bor duduk,dengan secara horizontal maupun dengan cara vertikal.Mata bor twist bits juga dapat digunakan untuk melubangi kayu,plastik serta logam,untuk ukuran yang tersedia dipasaraan saat ini adalah berkisar 4-12mm.
  2. Masonry bits merupakan mata bor yang dapat digunakan untuk melubangi permukaan yang keras yang terbuat dari batu alam maupun semen biasanya sering digunakan untuk melubangi tembok,beton dan batu.Pada ujung mata bor memiliki mata pisau,serta karakteristik dari mata bor ini sangat keras dikarenakan penggunaan mata bor Masonry bit ini selain berputar tetapi juga memukul,hingga saat ini mata bor Masonry yang terdapat dipasaran memiliki ukuran 4-15mm.
  3. Spur Bits atau yang dikenal sebagai mata bor kayu,pada bagaian ujung mata bor ini biasanya memiliki  bor runcing serta bagaian kelilingnya terdapat pisau sebagai pengiris.Ujung runcing yang terdapat pada mata bor ini berfungsi untuk menjada mata bor agar tetap lurus dan menghasilkan presisi pada lubang,hingga saat ini ukuran yang tersedia dipasaran berkisaran 6-15mm.
  4. Countersing Bits  adalah mata bor yang biasanya digunakan untuk membuat  lubang pada kayu untuk permukaan yang rata dan pada ujung mata bor ini memiliki sudut 90 derajat berfungsi sebagai pembuat lubang 45 derajat terhadap kayu.
  5. Forster bit merupakan mata bor yang sering digunakan untuk membuat lubang pada engsel sendok.Mata bor ini akan lebih stabil digunakan pada mesin bor duduk daripada menggunakan mesin bor tangan,karena akan sulit untuk mendapatkan kestabilan mata bor dan mendapat kualitas yang baik
  6. Hole Saw Bits dikenal dengan sebutan gergaji lubang dikarenakan bentuk mata bor ini yang menyerupai gergaji dengan diameter yang dapat diatur sesuai kebutuhan.Pada saat ini mata bor ini tersedia 25-60mm dipasaran.
  7. Mata Bor Metal ,mata bor jenis ini biasana digunakan untuk melubangi kuningan,alumunium,plat besi dan akrilik,di mata bor metal ini terdapat dua jenis yang berbeda yang beredar dipasaran yakni High Speed Steel(HSS) dan HSS-Co(Cobalt).HSS-Co lebih keras dari HSS,sehingga lebih awet dalam penggunaanya dan dari segi harga tentunya HSS lebih mahal daripada HSS-Co.
  8. Anuger Bits merupakan matabor yang seing digunakan untuk mengebor berbagai jenis kayu maupun material lunak lainya.Memiliki diameter yang lebih besar daripada mata bor kayu yang standar.Mata bor ini memiliki bentuk ulir tunggal (Single flute) serta digunakan untuk mesin bor yang berputar secara rendah.
  9. Flat Bit mata bor ini hampir sama dengan mata bor Anuger bit bisa digunakan untuk melubangi berbagai jenis kayu dan material yang bersifat lunak lainnya.Tetapi mata bor ini hanya memiliki bentuk yang pipih(flat).Mata bor Flat bit biasanya digunakan dengan bor tangan (manual) serta dengan pemutaran mesin yang sangat renda serta tidak direkomendasikan untuk bor listrik.
  10. Hinge Borring Bit digunakan untuk membuat lubang di kayu ataupun material yang bersifat lunak.biasanya sering digunakan untuk membuat lubang yang memiliki ukuran diameter besar.
  11. Chisel bit biasanya untuk membuat lubang pada sebuah material kayu yang memiliki bentuk kotak matabor ini biasanya dioperasikan dengan mesin Hollow Chisel Mortiser.
  12. Mortiser Bit biasanya sering digunakan untuk membuat lubang geser dikayu,dioperasikan menggunakan mesin mortising
  13. Router Bits merupakan mata bor yang diberfungsi untuk membuat aneka profile atau hiasan sering digunakan oleh pengerajin kayu dan dioperasikan dengan mesin router itu sendiri
  14. Mata Bor kaca sesuai namanya mata bor ini digunakan untuk mengebor kaca dan memiliki ujung mata mirip dengan tombak.
  15. Hole saw metal bisa difungsikan untuk membuat lubang dengan bahan dasar terbuat dari metal dan meiliki diameter yang sangat lebar
  16. Core drill bit biasanya digunakan untuk membuat lubang pada pada bebatuan seperti,dinding,marmer,granit dan jenis batuan yang lainnya.
WhatsApp chat