Panduan Mengasah Mata Bor Besi

Mungkin Anda bingung cara mengasah mata bor besi yang tumpul. Mata bor atau drill bit merupakan alat yang berfungsi untuk melubangi benda kerja dengan bentuk bulat. Alat ini akan digerakkan oleh mesin bor menggunakan gerakan berputar pada poros. Mengingat mata bor sering ditempa pada permukaan kayu, dinding, maupun besi yang kuat mewajibkan Anda mengasahnya secara rutin.

Untuk memeriksa apakah mata bor harus diasah atau tidak, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu, dengan cara seperti berikut ini.

  • Pertama, adalah mematikan bila bagian ujung mata bor yang tajam berada di bagian tengah.
  • Cara kedua, sisi potong mata bor memiliki panjang dan sudut yang sama saat Anda ukur menggunakan protactor.
  • Ketiga, lihat sisi belakang mata bor lebih rendah dari sisi potongannya. Mata bor yang tajam kerap ditandai dari ujung yang terasa di kulit sewaktu Anda memutarnya di jari tangan secara pelan-pelan.

Panduan Mengasah Mata Bor Besi agar Tetap Tajam

Paling tidak ada 3 metode yang bisa Anda coba untuk mengasah mata bor, antara lain pengecahan secara manual, pengecahan semi manual, dan menggunakan alat atau mesin khusus. Pada pertemuan kali ini kami akan memberikan panduan proses mengasah mata bor menggunakan alat pengasah khusus. Anda hanya perlu mengikuti langkah penggunaannya, antara lain.

Anda harus memasang roda gerinda dan kepala pengasah ke posisinya. Jangan lupa, pasang juga bor dengan cara mengikatnya ke bagian cekam. Sesudah itu, ukurlah bagian bor yang tampak menonjol ke luar dari bagian cakam.

  1. Kemudian, kendurkan posisi baut pengunci. Anda bisa mengangkat tuas untuk mengubah kedudukannya menjadi datar. Jangan lupa untuk mengunci kembali.
  2. Anda bisa memutar cekam supaya posisi mata bor bisa mencapai posisi yang mendatar. Selanjutnya Anda dapat memuat porong pembagi sampai bagian alur dapat terkunci.
  3. Cobalah untuk menggeser mea agar ujung mata bor menyentuh roda gerinda. Anda cukup mengendurkan baut penguncinya.
  4. Sudah saatnya untuk mengasah mata bor. Caranya sederhana, cukup mengayunkan tuas ke arah atas dan bawah. Jangan lupa, majukan posisi meja secara pelan-pelan setiap satu kali gerakan aynan ke atas serta bawah.
  5. Anda bisa menghentikan mesin sejenak dan memeriksa tingkat ketajaman mata bor besi  yang selesai terasah. Apabila kondisi mata bor tampak tajam, Anda dapat melanjutkan ke proses pengasahan tahap kedua.
  6. Sebelum proses menggerinda tahap kedua anda mulai, catat angka nonius terlebih dahulu. Selanjutnya mundurkan posisi gerinda menjauh dari bagian rodanya.
  7. Tekan bagian kunci piring pembagi, selanjutnya putar cekam sejauh 180 derajat. Anda tinggal melepaskan kunci sehingga posisinya masuk secara otomatis ke dalam alur pikir.
  8. Cara selanjutnya adalah mengulangi langkah keempat hingga ketujuh.
  9. Anda perlu menghentikan mesin apabila mesin menunjukkan angka nonius yang sama seperti catatan langkah ketujuh.
  10. Silakan asah kembali bagian mata bor yang sudah Anda asah pada tahapan pertama. Barulan Anda melanjutkannya dengan mengasah pada bagian mata bor kedua. Hal itu berlanjut tanpa mengubah kedudukan meja. Pastikan kembali dudukan meja selalu dalam posisi satu garis selama proses pengasahan mata bor berlangsung.
  11. Terakhir, Anda dapat melepaskan mata bor dari mesin pengasah apabila mata bor itu sudah memiliki ketajaman seperti bagian kedua matanya.

Begitu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mengasah mata bor besi. Terima kasih.

WhatsApp chat