Mata Bor atau Twist Drill

Mata Bor atau Twist Drill adalah Cutting tools yang berfungsi untuk membuat lubang pada benda kerja. Untuk membuat lubang dengan ukuran tertentu, sahabat gofir cukup menggunakan Matabor  atau twist drill dengan diameter yang sesuai.

Walaupun Mata bor secara umum memang dapat digunakan pada hampir setiap benda kerja, namun demikian tidaklah optimal. Karena umur matabor akan menurun, kualitas lubang juga tidak begitu baik. Oleh karena itu, mata bor sendiri dibuat dari berbagai macam bahan baku.

Bahan Mata Bor dan Coating

Menurut bahannya, matabor digolongkan dalam Hss Drill, HSSCo8 Drill dan Carbide Drill. Bahan HSS yang cocok untuk mengebor besi dan cast iron. Lalu HSSCo8 yang cocok untuk mengebor stainless steel dan Baja. Serta ada pula mata bor berbahan carbide. Yang bisa dipakai untuk melubangi alumunium, tembaga,  besi atau baja  yang  telah di hardened atau melewati proses heat treatment sampai pada HRc 70.

Kemudian untuk menambah daya tahan nya, mata bor kadang-kadang juga diberi lapisan luar, coating. Coating bervariasi, ada yang sebutannya Nitrit Coating, Gold Coating, Black Coating atau steam Homo, Tin Coating dan lain-lain

Keruncingan mata bor.

Semakin lembut benda kerja, semakin tajam mata bor. Mata bor standar memiliki sudut keruncingan mata 118 dan 135 derajat.  Sedangkan sebaliknya, semakin keras bahan, semakin datar sudut keruncingan mata bor.

Panjang Matabor

Dari segi ukuran panjangnya, mata bor bervariasi lagi.  Ada yang stub drill, regular/standard drill, jobber drill, long drill dan pang-pang drill.

Gagang Matabor, Shank

Dari bentuk gagangnya, matabor dapat di golong kan dalam straight shank yaitu mata bor dengan gagang lurus, biasanya ukuran gagangnya sama Dengan ukuran matabornya.

Taper shank yaitu gagang meruncing, dan Reduce Shank yaitu bor besar dengan gagang yang diperkecil untuk bisa dipakai di mesin yang lebih kecil.

Ukuran Matabor

Mata bor untuk pengeboran lubang yang halus bervariasi mulai diameter 0.1mm sampai  2 mm biasanya tanpa coating. sedangkan diameter yang lebih besar, standarnya dengan black coating sampai dengan diameter 50mm.

Mata bor premium

Matabor Premium sangatlah mahal jika dibandingkan dengan mata bor biasa, Apa yang membedakan?

  • Mata bor premium memiliki Chip breaker pada ujung matabornya. Tujuan chip breaker adalah membuat bahan yang terkikis segera terputus, jadi tidak memanjang dan mengurangi resiko nyangkut.
  • Mata bor Premium dilengkapi dengan lubang internal. Untuk mengalirkan coolent supaya pengeboran menjadi lebih halus, dan tahan panas.

Contoh Cara Membaca kode Matabor

HSSCo8(M42) Regular Taper Shank Drill Steam Homo    22.5XMT_2X165X265

Artinya matabor ini

  • berbahan HSSCo8 atau dikenal M42,
  • Panjang standar,
  • Bergagang Taper, dijepit dgn taper MT2
  • Memiliki Coating Steam Homo
  • ukuran diameter 22.5 mm, memiliki Panjang mata pisau 165mm dari 265 mm Panjang total.

Variasi Matabor

  1. Centre drill : mata bor untuk membuat lubang awalan untuk benda kerja yang kurang rata atau licin
  2. NC Spotiing Drill : untuk membuat champer.

Kualitas mata bor yang baik, tidak bisa diukur lewat kasat mata. Suatu matabor dikatakan baik, bila pertama-tama ia dapat membuat lubang dengan akurasi yang baik. Artinya hasil ukuran lubang homogen, center dan tidak over. Jika hal ini telah terpenuhi Baru kemudian dinilai masa pakainya.

Jadi jangan salah pilih. Pilih YG1 Twist Drill yang memang terkenal untuk hasil pengeboran yang tidak mengecewakan. Cocok untuk dipakai sebagai penunjang Mass production pada pabrik maupun pemakaian rumah tangga.

Silahkan pilih dari katalog lengkap kami yang sesuai dengan kebutuhan anda, atau hubungi kami untuk konsultasi.

 

WhatsApp chat