Cara Merawar Mesin Mata Bor Kayu agar Selalu Memiliki Performa Terbaik

Sebelum Anda menggunakan mesin mata bor kayu tentu harus mengetahui cara menggunakannya dengan membaca buku panduan. Biasanya buku panduan ada di packging mesin bor yang sudah Anda beli. Hal yang tidak kalah penting setelah mengetahui cara menggunakan mesin bor adalah cara merawatnya.

Merawat mesin bor merupakan hal penting karena semua mesin perlu mendapatkan perawatan berdasarkan prosedur. Harapannya, agar mesin bor lebih awet saat digunakan dan selali memiliki performa maksimal setiap Anda pakai.

Sebelum membahas tentang cara merawat mesin bor yang baik, ada penjelasan penting tentang mesin bor dan cara mengoperasikannya. Kami perlu menjelaskannya karena termasuk ke dalam poin perawatan mesin bot. Dan kalau Anda bisa mengoperasikan mesin bor dengan benar akan membantu kemampuan mesin tersebut sehingga menciptakan tenaga maksimal.

Cara Kerja dan Cara Merawat Mesin Mata Bor Kayu

Mesin bor merupakan alat yang digunakan untuk membuat lubang pada bahan yang terbuat dari kayu, besin, tembok, plastik, dan bahan lainnya. Cara kerja dari mesin bor ini adalah merotasi mata bor dengan kecepatan sepersekian detik sehingga mampu melubangi objek yang disentuh. Cara kerja yang berotasi maka mesin bor memiliki rotasi putaran mata bor ke sebelah kanan.

Beberapa tipe mesin bor tertentu sudah dilengkapi oleh sistem rotasi dua arah (kanan dan kiri) untuk menciptakan kekuatan lebih maksimal. Fungsi dari rotasi kanan pada umumnya untuk melubangi objek yang disentuh, sedangkan rotasi kiri untuk melepaskan mata bor dengan memutar ke arah sebaliknya.

Sebelum menggunakan mesin bor, sebaiknya periksa terlebih dahulu drill chuck (kepala mesin bor), kira-kira sudah terkuci dengan baik atau belum. Kondisi ini tentu bisa membahayakan keselamatan kerja apabila mata bor terlepas dari drill chuck. Dampak lain, yaotu bisa merusak mesin bor apabila mata bor mengenai bagian kabel maupun bodi dari mesin bor.

Pastikan juga mata bor telah terkunci dengan baik dan sesuaikan mata bor pada objek kerja yang ingin Anda lubangi. Membuka atau membongkar mata bor kami sarankan untuk menggunakan key chuck yang sudah tersedia ketika Anda membeli mesin bor tersebut. Jangan sampai memaksakan diri membuka menggunakan tangan karena kekuatan tangan tidak bisa mengunci mata bor secara sempurna.

Setelah mengetahui cara mengunakan mesin bor kayu secara benar, maka kini sudah waktunya membahas perihal cara merawat secara rutin. Tujuan utama perawatan pada mesin bor adalah agar performa mesinnya selalu bagus dan tidak mengalami penurunan daya. Karena sebuah mesin, maka butuh perawatan yang tidak kalah, seperti halnya mesin pada motot maupun mobil.

Semakin sering mesin bor Anda pakai, berarti semakin sering melakukan perawatan. Kinerja dan masa penggunaan dari mesin bor akan bertahan lebih lama. Untuk melakukan perawatan pada mesin bor dibutuhkan beberapa poin atau langkah, seperti yang sudah kami ulas di bawah ini.

  • Sebaiknya Anda membersihkan bagian lubang verifikasi udara pada mesin bor. Anda bisa menggunakan konmpresor angin supaya proses membersihkan mesin dari sisa bahan kerja.
  • Jangan sampai Anda menggunakan mata bor yang tidak sesuai dengan bahan kerja. Katakanlah bor khusus kayu, maka gunakan untuk melubangi benda kerja berbahan kayu.
  • Periksa kembali carbon brush, jika panjangnya sudah mencapai 6 mm, caron brush tersebut harus Anda ganti dengan yang baru.
  • Setiap menggantu carbon brush yang baru pastikan Anda menggunakan gemuk (grease) baru pada bagian gear mesin bor.

Begitu saja penjelasan kami mengenai cara kerja serta merawat mesin dan mata bor kayu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa.

WhatsApp chat